KEGIATAN SANTRI PUTRA YAYASAN NURIL ANWAR

KEGIATAN SANTRI PUTRA YAYASAN NURIL ANWAR

Pesantren adalah sebuah Lembaga Pendidikan islam yang para siswa atau santrinya tinggal Bersama dan belajar dibawah bimbingan guru yang lebih dikenal dengan sebutan kyai dan mempunyai asrama untuk tempat tinggal santri, hal inilah yang membuat pesantren berbeda dengan Lembaga Pendidikan lain diluar pesantren, berkumpulnya santri dan kyai adalah hal yang paling pokok untuk para pelajar tidak hanya mendapatkan ilmu, tapi lebih inti lagi adalah barokah yang merupakan esensi daripada ta’lim watta’allum.

Salah satu fungsi pondok pesantren adalah mencetak teladen-teladan masyarakat. Dalam hal ini santri lulusan pondok pesantren diharapkan bisa menjadi pengabdi dan panutan bagi masyarakat. Untuk itu pondok pesantren menyusun kegiatan-kegiatan yang membentuk para santri menjadi pribadi yang dewasa, mandiri, berilmu, dan menguasai berbagai macam soft dan had skill dengan adanya Ulama dan Kyai yang selalu memantau perkembangan santri di podok pesantren. Sebagai Lembaga pedidikan pesantren juga menerapkan kurikulum. Termasuk kegiatan santri sehari-hari dipondok. Apa saja kah kegiatan santri di podok pesantren kami? Yuk langsung kita kupas bersama-sama.

MUJAAHADAH PAGI

Pukul 02:45 ditengah lelapnya para santri tertidur dipelukan hangatnya malam, bel 3x dibunyikan dan murottal Al-Qur’an dinyalakan dikomplek kamar-kamar santri beristirahat, tanda para santri diharuskan segera bangun guna kegiatan sholat tahajjud, sahur, dan mujahadah pagi. Untuk memastikan para santri bangun petugas jaga dan keamanan pondok akan berkelilinng komplek membangunkan satu persatu santri sambil membawa semprotan air dan terpaksa menyemprot santri yang susah dibangunkan. Setelah bangun para santri segera mengambil wudlu, bersiap-siap menuju aula melaksankan sholat malam, menengadahkan tangan, bersujud dan berbisik rapat kepada bumi, mengahaturkan segala harapan kebaikan dunia akhirat kepada Tuhan semesta alam.

Setelah bel 1x dibunyikan tanda mujahadah pagi segera dimulai dipimpim ustad senior yang bertugas. Membaca berbagai macam dzikir, sholawat, hizib,dan doa yang telah diijazakan romo yai.

JAMAAH SHOLAT SUBUH

Setelah selesai mujahadah pagi, adzan tanda masknya waktu subuh segera dikumandangkan muadzin yang bertugas, para santri beranjak mmenuhi shof terlebih dulu melaaksanakan sholat qobliah shubuh, puji-pujian, sholawat untuk menunggu imam merupakan trarawat syi’ariyyah NU dan pondok pesantren salaf tetap dilestarikan. Setelah imam datang iqomah segera dikumandangkan para santripun Berjamaah melaksanakan sholat shubuh.

NGAJI SOROGAN AL-QUR’AN

Wirid ba’da sholat subuh selesai, segera para santri menuju tempat ngaji masing-masing, berjajar dengan rapi nderes Al-Qur’an menunggu antrian untuk ngaji sorogan Al-Qur’an dengan ustad pengampu masing-masing. Banyak juga santri yang memanfaatkan waktu antri dan setelah sorogan Al-Qur’an untuk muthola’ah pelajaran dan menghafal hafalan wajib sesuai jenjangnya.

MAKAN PAGI DAN SIAP-SIAP SEKOLAH

Kegiatan diauala selesai, santri bergegas menuju kamar asrama masing-masing menyiapkan alat makan, mengantri megambil makanan dan makan pagi Bersama-sama.

Setelah selesai makan pagi selanjutnya mandi, ganti seragam sekolah, menyiakaan segala peralatan yang dibutuhkan untuk kegiatan belajar pada hari itu.

SHOLAT DLUHA BERJAMAAH

Waktu menunjukkan pukul 06:40 menit, seperti biasa keamanan pondok berkeliling komplek untuk mmastikan semua santri siap bergegas menuju aula untuk melaksanakan sholat dluha Bersama-sama.

BERANGKAT SEKOLAH, APEL PAGI

Setelah selesai sholat dluha, pengurus mengantar para santri menuju sekolah, menyeberangkan jalan, memastikan santri benar-benar sampai disekolah

Sampainya disekolah santri memberikan salam penghormatan untuk guru-guru untuk selanjutnyaa mengkuti kegiatan apel pagi sebelum masuk kelas. Jam 06:50 dihalaman sekolah dibawah terik sinar matahari pagi yang menghangatkan, para siswa berjajar rapi dipimpin pemimpin apel pagi, untuk mendengarkan untaiann kata-kata motivasi dari guru yang bertugas. Kegiatan ini dharapkan dapat melatih kedisplinan dan dapat memberikan selalu inspirasi untuk selalu semangat belajar untuk kebaikan masa sekarang dan masa depan para siswa.

Setelah guru selesai, apel segera dibubarkan dan semua siswa masuk kelas masing-masing untuk  mengikuti kegiatan belajar mengajar sesuai jadwal yang ditetapkan.

MADRASAH DAN KOMPLEKAN PAGI

Selain santri yang salafiyyah terpadu banyak juga santri yang salafiyyah nonterpadu atau hanya mondok tidak dengan sekolah

Bagi santri salafiyyah non terpadu kegiatan pagi terbagi menjadi 2, ibtida’iyyah dan tsanawiyyah, santri yang jenjangnya masih ibtida’ jam 07:30 diadakan ngaji komplekan sedangkan santri tsanawiyah madrasahnya diadakan pagi hari sampai jam 11:00 siang, sedangkan waktu malam jam 19:00 sampai 22:00 digunakanakan untuk musyawarah, membahas kembali materi yang sudah disampaikan ustad, memperluas wawasan, dan menjawab hal-hal yang masih janggal/musykilat-musykilat agar semua materi dapat difahami dengan baik dan mengembangkan kefahaman.

 

PULANG SEKOLAH, JAMAAH DLUHUR, ISTIRAHAT SIANG

Pukul 12:30 bel tanda jam pelajaran terakhir telah selesai, kegiatan belajar pun diakhiri para siswa bersalaman dengan guru, meninggalkan ruang kelas dengan rapi, segera kembali keasrama, didampingi pengurus pondok, memastikan santri benar kembali sampai asrama dengan tertib. Setelah sampai kamar masing-masing para santri, untuk segera mengganti baju mengambil wudlu melaksanakan sholat dzuhur berjamaah.

selesai sholat dluhur dilaksanakan, para santri menuju kamar masing-masing istirahat siang, sampai nanti dibangunkan untuk jamaah sholat ashar dan mengikuti kegiatan-kegiaatan lainnya.

JAMAAH ASHAR, NGAJI BANDONGAN SORE, DAN MUJAHADAH WAQ’AH

Adzan berkumandang tanda waktu ashar telah masuk. Keamanan pondok bekeliling komplek membangunkan santri, memastikan semua santri terbangun untuk segera mengambil wudlu, menyiapkan kitab dan alat tulis, bergegas menuju aula melaksanakan sholat ashar berjamaah, setelah sholat jamaah, wiridan selesai santri segera berjajar dengan ta’dzim menunggu romo Yai keluar dari ndalem untuk membacakan kitab bandongan.

Setelah bandongan selesai seperti biasa setiap sore dipimpin ustad mujahadah membaca surat Al- Waq’ah 3X dan doanya, dengan khusu’ para santri berdoa memohon pertolongan Allah SWT agar dimudahkan dan mendapatkan keberkahan dalam tholabul ‘ilmi serta dimudahkan segala urusannya, memohon agar para Masyayikh orang tua dirumah serta ma’had selalu dijaga Allah, diberi pertolongan serta selalu diberikan keberkahan dalam hidup beliau-beliau, putra-putra, dan semua anak murid yang sedang menimba ilmu dipesantren

MANDI, MAKAN SORE

Mujahadah selesai para santri segera bergegas kembali mengambil peralatan mandi dan seperti umumnya dipondok pesantren ngantri.

Setelah mandi menyiapkan alat makan, mengantri untuk mendapat gliran mengambil jatah makan sore.

Sebelumnya telah kita kupas kegiatan-kegiatan santri diwaktu siang hari, mari kita kupas kegiatan santri mulai dari matahari terbenam, banyak teman-teman diluar sana yang memanfaatkan waktu malam untuk beristirahat setelah seharian belajar disekolah untuk beristirahat berkumpul dengan keluarga, atau keluar nongkrong Bersama teman-teman, beda halnya dengan santri yang jauh dari orang tua, terbatas dengan dunia luar, beda halnya santri setelah malam datang masih banyak kegiatan-kegiatan yang harus dijalani

Itulah santri seperti dawuh Allahu Yarham Alm.  Shaikhona Wa Murobbi Ruhina K.H.R Abdul Hakim Hamid, memondokkan anak, jauh dari orang tua itu bukan ditegakan, tapi itulah bagian proses Pendidikan menuju kemandirian dan pendewasaan.

Segala kegiatan didesain bukan saja untuk memberikan pengajaran semata, tapi lebih jauh dari itu adalah membntuk karakter dan kepribaidan yang baik pada diri masing-masing santri

Apa saja kegiatan santri dimalam hari, yok kita bahas satu persatu,

JAMAAH MAGHRIB DAN MADRASAH

Adaan dikumandangkan tanda waktu maghrib telah datang santri-santri segera mengambil air wudlu mengambil alat sholat, bergegas menuju aula melaksanakan sholat qobliah maghrib, khusuk menunggu imam datang dan sholat berjamaah

Imam telah menyelesaikan doa wiridnya, setelah melaksanakan ba’diah maghrib santri kembali ke kamar nderes AL-Qur’an

sampai jam 17:30 bel 3X berbunyi tanda para santri untuk segera menyiapkan peralatan madrsah kitab, alat tulis selanjutnya bergegas menuju kelas masing-masing, sambil menunggu ustad datang dengan kompak semua kelas lalaran, Bersama-sama melalarkan hafalan sesuai masing-masing.

Seperti biasa ustad datang membacakan kitab sesuai yang terjadwal.

JAMAAH ISYA’ MUSYAWARAH

Setelah jam madrasah selesai membaca doa setelah belajar Bersama-sama santri kembali ke asrama melaksanakan sholat isya’ berjmaah,

 setelah selesai sholat isya’ pukul 20:45 bel 2X berbunyi tanda santri segera kembali ke kelas masing-masing mengikuti kegiatan musyawarah, dipimpin anggota kelas yang bertugas menjadi ro’is Bersama-sama mengulang, membahas materi yang disampaikan ustad pada waktu madrasah, saling bertanya tentang hal-hal yang kurang difahami saling bertukar pikiran, meningkatkan kefahaman agar lebih jelas dan materi dapat difahami dengan baik oleh setiap santri.

SELESAI MUSYAWARAH, ISTIRAHAT MALAM

Waktu menunjukkan pukul 22:15 bel berbunyi tanda jam musyawarah telah selesai semua santri pun bergegas menuju kamar masing-masing

Kegiatan hari itu telah selesai, jam untuk istirahat malam, namun banyak dari santri yang terpadu memanfaatkan waktu untuk belajar mengerjakan pr sekolah, ada juga yang berkelompok membentuk kelompok belajar mutholaah kitab, juga ada yang memilih untuk ke koprasi atau kantin untuk sekedar membeli jajan.

Setelah jam 23:00 murobbi kamar segara mengontrol kamar, mematikan lampu kamar masing-masing memastikan santri agar segera beristirahat, meredakan rasa penat dan Lelah, mengembalikan energi untuk kegiatan esok hari

MALAM JUM’AT DAN HARI JUM’AT

Berbeda dengan Lembaga formal lain yang menjikan hari Ahad sebagai akhir pekan dan hari libur, pondok pesantren menjadikan hari Jum’at sebagai hari libur kegiatan rutinan hari lain, hari Jum’at merupakan hari yang agung dalam islam, hal ini yang mendorong para guru, mufattis pondok pesantren meliburkan kegiatan, memberikan kesempatan para santri untuk melakuakan ibadah lain selain yang terjadwal setiap hari, berikut adalah keterangan dari Allahu Yarham Alm. K.H Ahmad Taufik, namun demikian dipondok kami dihari Jum’at menyediakan berbagai kegiatan ekstrakuler untuk menjadi wahana eksistensi, personal branding, tempat para santri melatih bakat, mengembangkan soft skill maupun hard skill para santri sesuai pashion masing-masing, mulai dari yang wajib seperti, khithobah, kegiatan yang bertujuan melatih mental santri tentang hal-hal yang berkaitan dengan public speaking[mc,sambutan], sampai pada dilatih untuk menjadi seorang dai. Pramuka untuk santri terpadu. Ataupun ekstrakulikuler pilihan seperti hadroh, qiroah, pencak silat. Juga olahraga volley ball, sepak bola, badminton.

Serangkaian kegiatan kegiatan diatas merupakan kurikulum dan setrategi pembelajaran yang kami terapkan agar para santri dapat bertumbuh dan berkembang secara utuh menjadi manusia-manusia yang Tangguh menghadapi tantangan masa sekarang dan yang pokok adalah tantangan masa depan, mencetak kader-kader yang cerdas tidak hanya secara intelektual namun baik spiritualnya, melahirkan sumber daya manusia yang mandiri dan membawa banyak manfaat bagi masyarakat setelah selesai melewati berbagai jenjang Pendidikan dan pulang untuk mengabdi pada masyarakat dan bangsa.

 

 

 

AYO MONDOK PESANTRENKU KEREN.,……!!!!!!!

_________________________________

5 Responses

  1. 金万达 says:

    Today a reader,tomorrow a leader!

  2. Rizki Sulistio, SH says:

    assalamualaikum..
    izin bpk/ibu, terkait pengumuman penerimaan santri baru kapan di umumkan ya?

  3. Great blog you have here.. It’s difficult to find high-quality writing like yours nowadays. I truly appreciate individuals like you! Take care!!

  4. This is the right webpage for anyone who hopes to understand this topic. You realize so much its almost tough to argue with you (not that I actually will need toÖHaHa). You certainly put a brand new spin on a subject that has been discussed for many years. Excellent stuff, just wonderful!

  5. Terima kasih atas informasinya semoga berkah dan bermanfaat bagi semua

Leave a Reply

Your email address will not be published.