Yayasan Nuril Anwar Laksanakan Ujian Nifsi Sannah Tahun Ajaran 2019/2020

Yayasan Nuril Anwar Laksanakan Ujian Nifsi Sannah Tahun Ajaran 2019/2020

Purworejo, 24 November 2019

Dalam rangka evaluasi belajar santri dan juga sesuai dengan kalender pendidikan yayasan nuril anwar tahun ajaran 2019/ 2020.

Yayasan Nuril Anwar adakan ujian Nifsi sannah untuk seluruh santri.

Pada event ini lah saatnya para santri menunjukan kemampuan dan prestasinya, setelah kurang lebih 5 bulan belajar dan di bimbimbing oleh ustadz dan ustadzah di kelas tingkatanya masing masing.

Kegiatan Ujian yang melibatkan kurang lebih 1000 santriwan dan santriwati dari berbagai lembaga dari Ponpes Nuril Anwar, Anwarul Falah, Serta Ponpes Putri Mirsiu ( Madrasah Islamiyah Riyadlotul ‘uqul) ini, menguji kemampuan para santri, dari tes kitabah ( tes tertulis ) yang berisi dari fan fan kitab yang di pelajari berdasarkan kelas masing masing, dari fiqih, tauhid, nahwu, shorof dan yang lain.

Selain tes kitabah ada juga tes lisan yang kita kenal dengan sebutan tes MUSYAFAHAT, yang di lakukan di ponpes putri Misriu, dalam tes MUSYAFAHAT ini para santri berhadapan langsung dengan ustadzah masing masing kelas dan akan di beri pertanyaan seputar kitab yang di kaji dalam kelas tersebut,.

Selain kedua tes tersebut, Kegiatan sebagai evaluasi Belajar akhir semester, santri juga di weajibkan menyetorkan Tahafudz Nadzom, yaitu menyetorkan hafalan nadzom yang sudah di tentukan kepada wali kelas masing masing.
dan juga di sertai pemeriksaan catatan santri apakah lengkap atau belum, jika belum maka santri wajib melengkapi catatan tersebut.

Dan nilai dari ujian tersebutlah yang akan di cantumkan di buku laporan hasil belajar santri, setelah di hitung dan di kakulasi dengan nilai tamrianan ( ulangan ) bulanan yang telah di programkan.
Namun bukan hanya nilai akademik yang menjadi tolak ukur dalam penilaian tersebut, namun adab dan akhlaq keseharian santri, juga menjadi niali penting dalam hasil penilaian tersebut.

Semua kegiatan tersebut di lakukan Dengan harapan para santri dari YNA mampu berkompetisi dalam hal ilmu keagamaan,dan mengasah kemampuan, serta dapat menjadi santri yang mempunyai budi pekerti luhur, sopan,santun dan dapat menjunjung harkat martabat bangsa dikemudian harinya.